rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Rabu, 11 Februari 2009

Indonesia Bisa Hidup Tanpa Tepung Terigu!

Indonesia bisa hidup tanpa tepung terigu!
Topic itulah yang kemudian menjadi pembicaraan antara saya sama ummi saya.
Tadinya sih kita cuma bahas masalah kecil.
Saya malahan yang mulai tanya-tanya tentang tepung ketan hitam di bolu ketan hitam,
Kebetulan saya ada tugas tata boga tentang ini, en kebetulan juga ummi lagi bikin kue itu.
So, tanya-tanya aja.
Terus, beliau malah merembet-rembet,
Katanya, sebenernya malah lebih enak kalo kue bolu pake tepung ketan hitam.
Sebenernya INDONESIA BISA HIDUP TANPA TEPUNG TERIGU! Yang notabene kita itu masih ngimpor sama Amerika.
Sejarahnya, kata beliau –gak terlalu jelas juga si—awalnya itu kita mau bikin tepung terigu, terus karena alatnya nggak ada, juga gara-gara gandum –bahan pokoknya—nggak ada di Indonesia, makanya kita ngimpor dari sana.. Dan akhirnya ketergantungan sampe sekarang.
Tempe goreng pake tepung terigu!
Tahu bunting pake tepung terigu!
Pisang goreng juga!
Kue kering!
Bolu!
--apa lagi ea?—
Padahal, kata beliau, sebenernya penganan itu dulu tepungnya pake tepung beras, asli dari kita!!!  Rose Brand lah namanya,,,
Kalo kita pake tepung terigu terus, kapan coba kita bisa kelepasan ngimpor dari luar?
Kita harus budayakan sumber daya kita sendiri?
Betul??
Ayo…rame2 pake tepung beras, tepung ketan hitam,,pokoknya ala Indonesia!!
Hoho…

--ngomong2,,bolu ketan hitam itu enak banged…--
--beeeghh……--

2009-02-11



1 komentar:

Brahm mengatakan...

No gandum, no problem. ^_^