rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Sabtu, 18 Agustus 2012

#NegeriOrangPart17: Demilitarian Zone of Korea3 (Dorasan Station)

Pasti nanti, nanti kita akan bertemu lagi. --Stasiun



Tiba-tiba saya teringat tulisan saya akan puisi-puisi yang bertebaran di stasiun kereta bawah tanah Korea (#NegeriOrangPart5: Puisi di Subway?...). Entah kenapa, stasiun merupakan tempat yang romantis bagi saya. Ada pertemuan, ada perpisahan. Karena itu, saya begitu terkesan akan puisi-puisi yang dipajang di stasiun subway. Di samping sebagai "penyejuk hati" di tengah suasana kota yang sibuk dan tak henti, adanya suasana hening dan bahagia menambah kekhidmatan puisi itu sendiri.

Dorasan Station. Mengingatkan saya pada kata Dorawa (돌아와), kembali...
Tempat ketiga yang saya kunjungi adalah Dorasan Station. Dari luar, stasiun ini tak jauh berbeda dengan stasiun subway seperti umumnya. Tapi ketika mencoba mengetahui kenapa stasiun ini dibangun, harapan baru terus menyeruak...

Ya, stasiun Dorasan adalah stasiun yang menuju Pyeongyang, ibukota Korea Utara. Stasiun ini bisa dicapai melalui jalur subway yang ada di Seoul. Setiap harinya, hanya sekitar dua kereta yang beroperasi ke stasiun ini. Tak perlu bertanya lagi kan kenapa stasiun ini di buat?

Menuju Pyeongyang...
Stasiun yang terhenti pembangunannya ini menyimpan mimpi bahwa suatu saat masyarakat Korea Selatan bisa menjenguk saudara mereka di Korea Utara, dan sebaliknya. Sedih memang mengingat orang Korea Selatan sendiri tak bisa masuk dengan mudah ke Korea Utara, dan sebaliknya. Tapi dengan adanya stasiun ini, ada harapan yang ditanam, bahwa saat itu nantinya akan ada.

Usaha mempersatukan kembali Korea Utara dan Korea Selatan memang telah dilakukan beberapa kali. Ada sekitar dua kali pertemuan besar antara Korea Utara dan Korea Selatan, di mana orang-orang kedua negara bisa saling bertemu dan bernostalgia. Tapi, seperti pembangunan stasiun Dorasan yang belum selesai, usaha menyatukan Korea Selatan dan Korea Utara juga belum selesai. Memang semakin memanas sekarang, tapi seperti hubungan dua saudara yang kadang baik kadang tidak, pasti akan ada saat di mana mereka tahu bahwa mereka saling meyayangi.

Dibutuhkan perpisahan dan ketiadaan untuk mengerti apa itu rindu...

Tabik.
2012년8월18일  오전 3:32

0 komentar: