rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Jumat, 21 Desember 2012

#NegeriOrangPart28: Ibu Marah pada Saya Tidak Ya?

멀어서 슬프고슬퍼서 흠도 티도 없는사랑이여--유안진
Karna jauh ku sedihkarna sedih, cinta pun tak berkeluh debu...

Ibu saya marah pada saya tidak ya? Anaknya yang jauh, yang sejak dua tahun lalu hanya pulang sekali dua kali setahun, mungkin tidak akan menelepon pada hari ibu. Walau setidaknya bukan karena lupa, tapi alasan tidak punya pulsa telepon internasional mungkin akan menyakiti hati Ibu saya.


Apakah Ibu berpikir, tidakkah saya rindu dengannya? Tidakkah saya ingin mengucapkan selamat padanya? Tidakkah saya sayang dengannya? Tidakkah saya tidak lupa dengannya?

Saya sendiri tidak tahu apakah tulisan ini bisa menjawab semua pertanyaan itu. Tapi jikalau saya menjadi Ibu, mungkin saya juga akan menangis. Anaknya menyerah hanya karena tidak punya pulsa telepon.

Bahkan sampai sekarang saya tidak tahu akan membelikan apa untukmu Bu. Oleh-oleh apa dari bumi Korea yang akan kau sukai? Di bumi sini, penuh dengan kosmetik, baju-baju mewah, dan segala kemewahan lainnya. Tapi aku tahu dirimu Ibu. Walaupun mungkin sama dengan yang diinginkan setiap Ibu di dunia ini, takut kau tak menerimanya. Inginkah kau satu kotak kosmetik lengkap? Atau beberapa stel baju merk sini? Atau sekedar tas tangan akan memuaskanmu? Akan membuatmu tersenyum kah?

Ingin terkadang membelikan buku resep untukmu yang masakannya selalu kurindukan. Bisakah tapi? Takut kau tak bisa membanggakannya kepada teman-temanmu. Takut kau tersenyum tapi ternyata tidak. 

Apakah hadiah yang kau inginkan Ibu? Kau yang meskipun kutanya tapi tak menjawab pasti. Apapun akan kau terima, katamu. Lalu apa yang bisa kuberikan kah? Jikalau kulihat lagi, apakah yang telah kupersembahkan padamu, selama umurku yang mendekati dua puluh ini?

Ibu, terhatur maaf untukmu dariku yang tidak bisa menelepon. Terkadang hati ini berkilah, rindu tak akan ada jika kita tak jauh, rindu tak akan ada jika kita tak menelepon, rindu tak akan ada jika kita bicara, rindu tak akan ada jika kita bertemu. Nanti aku akan tidak rindu padamu Ibu, nanti pada saat kepulanganku. Tentu saja aku tidak akan rindu karena saat itulah kedua wajah kita bertemu. 

Dan aku akan merindukanmu lagi...
Untuk tepi yang tiada batas...

어머니,당신은 그 먼 나라를 알으십니까?--신석정
Ibu, apakah kau tahu di mana negara jauh itu berada?
Tabik.
서울, 12년12월21일
오후 11:43

0 komentar: