rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Selasa, 18 Desember 2012

#NegeriOrangPart26: Melihat dari Jauh

Saya suka melihat dari jauh. Kamu bisa melihat segalanya tanpa terkotori oleh pikiran orang-orang di sekelilingmu. #Pendakian

Melewati satu setengah bulan tanpa satu tulisan pun, saya menyadari bahwa saya kembali pada titik awal. Titik di mana setelah peristiwa tersebut saya tiba di sini. Singkatnya, tak terasa sudah hampir sebulun bulan.

Source: balairungpress.com

Pemira. Saya diberi kesempatan untuk melihat dari jauh #PemiraUGM kali ini. Tanpa bisikan-bisikan dari kiri kanan, saya bisa melihat walaupun tak jelas.

Mengikut  dan  ttg  , namun sampel sy a/ teman2 sekelas Bahasa Korea saya

Diawali dg tgas presentasi, sy mmutuskan untk mmlih tema apatisme masyarakat dalam pemilu 

Ini plhan yg sulit memang,mengingat beberapa alasan:1. Kmgkinan bhw tman2 sy tdk brminat trhdp pmilu 

2. Saya harus mencari artikel dalam bhsa korea ttg apatisme trhd pemilu dan harus menyampaikanny pl dlm bhsa korea

3. Terbatasnya pengetahuan saya ttg pemilu dan sstem pmrnthan korea,jepang,cina 

Kenapa tiga negara itu? Karena teman sekelas saya dan dosen saya

Namun saya terbantu dg situasi korea yg akan mghdapi pmlihan presiden,dan kampus sy,kyunghee,jg akan mgdkan pemira

Saya akan bhas artikel trlbh dhulu. 

Diawali dg bukti tidak meningkatny dkungan untk pra clon presiden,dsimpulkan bhwa msyrakat korea apatis trhdp pmilu

Masyarakat yg tlh mntapkan plhan akn tetap pd plhanny,nmun yg blm hnya akn sprti busa,massa mengambang 

berdasarkan survey, Skitar 30-40 persen masyarakat korea memutuskan untuk tidak memilih.alasanny,mrka tdk pny kpntgan

Namun apakah ke-apatisme-an it harga pasti? Ternyata tidak jg

Berdasarkan survei yg lain, 80 persen masyarakat memutuskan untk mmlih. 

Jumlah ini meningkat dbndingkan pmilu lalu. Dkrenakan hasil yg sdah pasti,masyarakat tdk menaruh perhatian pd saat it 

Ancaman oposisi jg ckup besar dlam menentukan arah suara.mskpun mnrut sy tdk 100 persen benar 

Kesimpulan pertama, walaupun msyrkt trlht apatis,bkn brrti mrkatdk mncoblos saat pmilu 

Yg kedua,sy mlakukan survei kuantitatif dg mlhat jwbn teman2 sy pd saat kami berdiskusi 

Mahasiswa Jepang lbih pduli dg politik dan pemilu dbandingkan mahasiswa cina 

Usut punya usut, hal ini dilatarbelakangi sistem politik dan pemerintahan cina #.

Seperti apa sistem plitik cina, singkatny sperti thun2 sblm 98,namun tnp diktator 

Bukanny masyarakat tdk pduli,tp krna ap yg mrka hrapkan tdk tampil d ranah plitik 

Kasarnya,tanpa pemilu pun sudah tahu siapa yg akan terpilih.

Hal ini secara tdk langsung memupuk rasa apatis d dlam otak mereka

Dalam keadaan seperti it,bhkan sy blg pemilu hny membuang anggaran negara 

Sementara itu, sebagian dr teman2 jepang saya memiliki antusiasme trhdp politik 

Slah satu faktor penyebabnya,ternyata adalah lingkungan keluarga

Keluarga yg srng berdiskusi ttg politik tnpa dsdari menumbuhkan kepedulian politik bg slrh anggota kluarga 

Meskipun tentu saja faktor lingkungan di luar keluarga juga penting

Kesimpulan ke2,diawali hipotesis bhwa mhssw apatis plitik,hrus dtu2p dg tdk slruhny yg trlht apatis it apatis 

Mereka hanya berfikir dg cr berbeda ttg apa it plitik dan pntgny pemilu 

Satu hal yg sy tgkap pula, partisipasi dlm pemilu msh drasakan pnting bg mhsiswa 

Walaupun trkdg hnya dlakukan atas nama kewajiban. 

Dri kcmata mahasiswa, hal itu pun bisa saya maklumi 

Kenapa?karena efek dr pmilu tdk drsakan scra lgsung dan penuh oleh mahasiswa 

Siapapun presiden atau kepala negaranya, tak jadi msalah. Alasan lain, karena mahasiswa belum bekerja 

Maksud saya,bekerja dalam arti pkerjaan yg mmliki kaitan dg kebijakan pemerintah 

Kembali pd plitik kampus, faktor terbesar apatisme adalah kurang dirasakannya pngaruh lmbga kampus 

Bhkan bnyak dari teman saya yg tdk tahu bhwa sesuatu yg bernama 'lembaga kampus' itu ada

Dari situ saja,drimana dpt brhrap mrka thu bhwa ad pemira?

Faktor calon yg tdk dkenal jg brpengaruh besar. Bgaimana bs memilih ktika tdak kenal?

Dri snilah sy tarik ksimpulan pntgny publikasi yg merata dan berkesinambungan 

Publikasi yg dlakukan oleh pnyelanggara pemira maupun partisipan pemira 

Bukan hny untk tjuan jngka pndek,yaitu untk memilih presma,tp jg untk pndidikan politik yg dbthkan oleh slrh mhsiswa 

Karena ktika tdk ad pndidikan plitik, maka suatu sistem tdk bs dktahui kkrgn dan klbhnny,tdk ad tanda2 untk brubah 

Bth bnyk pendapat dan keikutsertaan untk mengubah wajah plitik mnjadi lbh crah,bkn hny mrka yg du2k d krsi plitik 

Jika tidak, mungkin sampai anak cucu kita nanti mrka akn mmndg plitik it kerakusan belaka 

Dan setidakny sy brsykur msh ad pemira  .tman cina sy brkta bhwa dsna tak ad hal sprti pmira 

Sepertinya sekian dulu kultwit tmbhan untk  , ya :D. Maklum sdah lama tak diskusi

서울, 12년12월18일
오후 10:15

0 komentar: